KERJASAMA TP


PENDAHULUAN

Sanggar Telematika adalah sebuah wadah yang dirintis dan dikembangkan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia, melalui kantor daerah telekomunikasi masing-masing Divre Telkom. Informasi ini disampaikan oleh kepala Telkom Singaraja pada saat temu wicara dengan Gde Putu Arya Oka dalam kapasitasnya sebagai Litbang APWI Telkom Bali. Pada hari Selasa tanggal 10 Juni 2008 di ruang Kepala Telkom Kancatel Singaraja.

Adanya keinginan dari pihak Telkom untuk mewujudkan sebuah wadah belajar bagi masyarakat telekomunikasi pada institusi pendidikan merupakan bagian dari Respect Program Corporate PT. Telkom Indonesia. Wadah ini telah dibuat oleh telkom dengan nama SANGGAR TELEMATIKA. Sehingga pihak lain juga membentuk sebuah Sanggar dengan nama yang sama tergantung dimana sanggar tersebut di buat. Keberadaan sanggar Telematika diharapkan menjadi bagian dari komunitas masyarakat telekomunikasi. Dengan menjadi bagian masyarakat ini tentunya dapat menjadi mitra sharing resources dalam kerangka menyebar luaskan teknologi-teknologi untuk dunia pendidikan. Seperti diketahui telkom sebagai perusahaan nasional yang sudah go publik dengan divisi multimedianya menjadi partner yang positif ketika dunia pendidikan tidak terlepas dari bagian dari masyarakat komunikasi, masyarakat teknologi, masyarakat informasai ditengah derasnya arus globalisasi dengan rentang jarak yang sudah tidak lagi menjadi faktor pembatas.

Sejalan dengan visi dan misi Telkom sebagai operator telekomunikasi kelas dunia sudah sepatutnya memberikan perhatian yang lebih besar kepada dunia pendidikan. Telkom sendiri telah bekerja sama dengan IBM, Microsoft lewat divisi Multimedianya telah menjadi pelopor dalam penyebarluasan akses internet yang kita kenal dengan IGOS ( Internet Go to School). Hal ini membuktikan Telkom mulai mencurahkan perhatian lebih besar untuk membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia agar bisa bersaing secara global.

Jurusan Teknolgi Pendidikan dalam ruang lingkupnya sebagai jurusan yang tidak bisa dipisahkan dari ICT, Masyarakat informasi dan perkembangan teknologi informasi, maka rasioalitas Teknologi Pendidikan untuk membentuk SANGGAR TELEMATIKA dengan nama SANGGAR TELEMATIKA TEKNOLOGI PENDIDIKAN sudah menjadi suatu kebutuhan.

TUJUAN

Dalam konteks pembelajaran yang berbasis ICT, keberadaan Sanggar Telematika Teknologi Pendidikan bertujuan :

  1. Sebagai wadah untuk belajar Teknologi informasi dan komunikasi yang secara jelas difilter untuk kepentingan pebelajar dan pembelajaran;
  2. Sebagai media untuk mengaktualisaikan diri melalui kegiatan – kegiatan pembelajaran berbasi ICT
  3. Sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengakses informasi dan sumber belajar melalui fasilitas internet yang difasilitasi Telkom
  4. Agar mahasiswa terbiasa untuk belajar mengelola, berorganisasi, beriteraksi antar sesama anggota sanggar
  5. Sanggar telematika ini diarahkan untuk memberikan keterampilan-keterampilan teknis dan praktis seputar ICT dalam pengembangan strategi pembelajaran
  6. keberadaan sanggar ini juga diarahkan untuk melatih sikap, mental mahasiswa agar mau dan termotivasi untuk memanfaatkan sumber-sumber belajar diluar dosen.

MANFAAT

Terbentuknya Sanggar Telematika khususnya untuk mahasiswa TP dan umumnya untuk mahasiswa dalam lingkungan FIP akan memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Sebagai wadah tempat belajar ICT, Sanggar ini sangat bermanfaat untuk membuka cakrawal baru, paradigma baru akan teknologi pembelajaran yang telah berhasil dilakukan oleh lembaga pendidikan diluar Undiksha atupuan lembaga pendidikan diluar negeri, melalui akses ke pintu global bersandar pada media-media online yang dapat diakses lewat gateway telkom
  2. Sebagai wadah tempat belajar, melalui sanggar ini mahasiswa akan memperoleh pengalaman belajar dengan dimensi yang berbeda, terutama akses dan pemanfaatan fasilitas milik telkom
  3. Sanggar dalam konteks sebagai tempat mengaktualisasikan diri sangat bermafaat untuk menempa diri, meningkatkan kualitas mahasiswa terutama pemahaman akan telekomunikasi, media dan informatika.
  4. Dengan fasilitas yang ada nantinya diharapkan melalui sanggar telematika mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengakses sumber-sumber belajar, lembaga-lembaga penilitian, perpustakaan digital, sharing resource dengan sumber dan pusat belajar dibelahan dunia lain, untuk menambah kasanah keilmuan mahasiswa
  5. Melalui sanggar yang difasilitasi telkom mahasiswa dapat menggunakan teknologi untuk mencari, menemukan dan menyajikan pesan-pesan dalam konteks untuk pendidikan ( pembelajaran)
  6. Kegiatan sanggar ini juga bermanfaat untuk mahasiswa dalam rangka menggunakan teknologi komunikasi untuk menyampaikan pesan yang sebelumnya telah diolah dengan teknologi informasi.
  7. Sebagai ajang untuk mengkaji inovasi-inovasi dan model pembelajaran jarak jauh berbasis web base learning bertitik tolak dari cakupan kawasan Teknologi Pendidikan

BENTUK-BENTUK KEGIATAN

Sesuai dengan namanya, sanggar telematika adalah kepanjangan dari Sanggar Telekomunikasi, Media dan Informatika, sudah sewajarnya kegiatanya akan terpokus untuk :

  1. mengumpulkan, menggorganisikan dan menganalisis informasi pendidkan
  2. mengkomunikasikan ide-ide dan informasi
  3. merencanakan dan menggorganisasikan aktivitas-aktivitas
  4. bekerja dengan orang lain dan kelompok
  5. menggunakan ide-ide dan teknik-teknik telematika
  6. memecahkan masalah pembelajaran melalui pendekatan telematika
  7. menggunakan teknologi telekomunikasi, media dan informatika

TEMPAT SANGGAR

Sebagai tempat kegiatan dan aktivitas Sanggar Telematika Teknologi Pendidikan akan mempergunakan dan atau bergabung pada Bengkel Multimedia Teknologi Pendidikan.

LAIN-LAIN

Pihak Telkom akan memfasilitasi segala kegiatan Sanggar Telematika Teknologi Pendidikan, dan sebaliknya pihak jurusan Teknologi Pendidikan akan melaksanakan berbagai program yang telah dirancang dan telah disepakati bersama.

***********************************************************************************

Bengkel Multimedia

UNIT KERJA BENGKEL MULTIMEDIA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

I. RASIONALITAS

Teknologi adalah praktek, untuk itu teknologi harus diaplikasikan dengan penerapan yang terarah. Teknologi pendidikan yang berbasis kinerja elektronik memerlukan konvergensi antar kompetensi sehingga Crew Bengkel TP memiliki kompetensi yang mumpuni. Kandungan kurikulum TP yang didesain selama ini dalam takaran konsep disampaikan secara terpisah dan berdiri sendiri. Sebaran yang demikian akan memberikan statisisasi. Matakuliah media pembelajaran, siaran radio pendidikan, database, multimedia, pengelolaan citra, pemograman, jaringan, web desain,fotografi dan slide pembelajaran, video pembelajaran,sinetron pendidikan perlu diracancang untuk saling melengkapi dan mendudung. Matakuliah akan efektif disamping diberikan pemahaman akan konsepnya namun dalam imlementasinya harus mengarah kepada sebuah konvergensi. Mata kuliah yang selama ini disampaikan terpisah dengan waktu yang terbatas kalau belum dianggap cukup, maka sudah seharusnya pendalaman dan pengayaan terhadap matakuliah tersebut disampaikan dan ditingkatkan dalam hal implementasi praktisnya melalui kegiatan HMJ. Kegiatan yang meramu semua matakuliah tersebut dirancang untuk konvergensi antar komptensi sehingga outputnya dapat berupa produk multimedia. Inti kegiatan dari Bengkel Media ini adalah transpormasi dalam batasan mengadaptasi, menggunakan dan meramu serta menyalurkan teknologi-teknologi yang efektif, unik berbeda dan mempunyai ciri khas untuk TP.

Oleh : Oka | Pegiat telematika|LITBANG APWI TELKOM BALI




%d blogger menyukai ini: