PETA KEDUDUKAN DAN KETERKAITAN ANTAR MATA KULIAH KAJIAN TEKNOLOGI INFORMASI DI JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN


Disajikan oleh
Gde Putu Arya Oka
NIDN : 0817087301

Peta kedudukan dan keterkaitan antar mata kuliah kajian/kandungan teknologi informasi pada jurusan teknologi pendidikan dibuat dalam kerangka penyusunan deskripsi mata kuliah. Peta ini dimaksudkan untuk memperlihatkan hubungan baik secara hirarkis (berjenjang) maupun horisontal yang juga menunjukkan kesaling terkaitannya. Sehingga antar mata kuliah kajian/kandungan TI dapat dilihat hubungnya dengan jelas. Hubungan yang jelas bukan saja dilihat dari alur atau tahapan tetapi juga akan terlihat kandungan materiil mata kuliah yang diajarkan.

Kelompok mata kuliah yang dimasukkan atau setidaknya dapat dikatagorikan memiliki kandungan TI pada jurusan teknologi pendidikan adalah :
1. Dasar-dasar Komputer, 3 sks *
2. Paket aplikasi komputer, 3 sks*
3. Pengembangan media grafis, 3 sks
4. Dasar-dasar Animasi, 2 sks*
5. Fotografi dan slide pembelajaran, 3 sks*
6. Mengenal Prinsip dasar data base, 3 sks*
7. Komputer Grafis, 3 sks
8. Desain Web, 3sks
9. Pemograman I, 3 sks*
10. Video/TV Pembelajaran, 4 sks
11. Pemograman II, 3 sks
12. Jaringan Komputer, 3 sks
13. Elearning, 2 sks
14. Sinematografi Pendidikan, 4 sks
15. Multimedia Pembelajaran, 3 sks
16. ICT, 2 sks*
17. Statistika I, 2 sks*
18. Statistik II, 3 sks
19. Rekayasa Perangkat Lunak (4 sks )
20. Web Programing, (3 sks )
21. Manajemen Proyek Perangkat Lunak, (3 sks )*
22. SIM Pendidikan, ( 3 sks)*
23. Visual Effect, (3 sks)

Kandungan mata kuliah TI pada jurusan Teknologi pendidikan adalah keharusan dalam membentuk mahasiswa agar mempunyai kompetensi standar sebagai pengembang Teknologi pembelajaran. Penyelarasann mata kuliah kandungan TI pada jurusan teknologi pendidikan ini pada hakekatnya adalah untuk lebih mengintepretasikan kata teknologi dalam teknologi pendidikan. Interpretasi ini terutama diarahkan pada upaya untuk menemukan aspek-aspek teknologi dari fenomena pendidikan/pembelajaran. Aspek-aspek teknologi inilah yang diserap, diadaftasi dan dimplementasikan dalam kontek teknologi terapan dibidang pendidikan/pembelajaran. Untuk itu aspek-aspek teknologi yang mana di serap dan diadaftasi oleh teknologi pendidikan adalah teknologi informatika ( teknologi informasi ). Bidang ilmu teknologi informasi adalah semua bidang ilmu yang berhubungan dengan pengetahuan Dasar Matematika, Teori Ilmu Komputer, Perangkat Keras, Organisasi Komputer Sistem, Perangkat Lunak, Data dan Sistem Informasi, Metodologi Komputasi, Aplikasi Komputer, dan Lingkungan komputasi. Prosentase Kandungan TI pada mata kuliah TP yang disebar dengan total sks 146 sks adalah 33,4 %. Jika mata kuliah alternatif dimasukkan dalam perhitungan, maka prosentase kandungan TI-nya adalah = 44 %.

Oleh karena itu penelusuran kajian kandungan TI di jurusan teknologi pendidikan di rekomen dari beberapa dokumen kekomputeran diantaranya :
1. Keppres No. 20 tahun 2006 tentang Dewan TIK Nasional
2. Pedoman penetatapan Jabatan fungsional Pranata komputer sesuai keputusan kepala BPS No. 290 tahun 2004.
3. Keputusan bersama Menpan dan BPS tentang Jabatan fungsional Pranata komputer sesuai keputusan kepala BPS No. 002/BPS-SKB/II/2004 , No 4 tahun 2004.
4. Keputusan BPS no. 292 tentang Pedoman Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Dan Pelatihan Funsional Pranata Komputer
5. Kurikulum Inti Infomatika dan Komputer (APTIKOM)
6. PP No. 23 Tahun 2004 tentang BNSP, Badan Nasional Sertifikasi Profesi tentang pembentukan lembaga sertifikasi profesi bidang keahlian Komputer
7. PP No. 31 Tahun 2006, tentang sistem pelatihan kerja Nasional
8. BPPT, tentang Jabatan Fungsional Perekayasa
9. KKNI-Sektor TIK (LSP-Telematika)
10. Standar Kerja Nasional bidang TI
11. KKPI, VEDC Malang
12. TIK SMA, Depdiknas
13. TIK SMK, Depdiknas

Sebaran mata kuliah kandungan TI-TP dari persepsi segmentasi jabatan pranata komputer sesuai keputusan BPS No. 290 Tahun 2004, asosiasi peguruan tinggi komputer indonesia (Aptikom) sebagaimana diadaftasi dari curricula compute sebuah asosiasi international untuk kurikulum komputer dan standar kompetensi nasional Indonesia (SKKNI) sebagai kerangka kerja Nasional SDM Indonesia pada sektor TI adalah seperti pada tabel dibawah ini.

Materi  lengkap unduh

7 responses

7 12 2009
artha

mata kuliah yang diberikan di TP itu kayaknya kalau di implementasikan di dunia kerja kurang up to date deh………….dan juga juga mata kuliah itu dapatnya cuma bagian kulit-kulitnya aj. untuk mendalami kurang

27 01 2010
undikshatp

sori ya baru balas, kalau ingin mendalami silahkan kuliah di TP, pendalaman materi tergantung dari bagaimana mahasiswa memandang bahwa ilmu itu harus diperdalam, mengandalkan jam dikampus memang tidak bisa dijamin bahwa mahasiswa bisa menguasai kompetensi. Lebih banyaklah belajar di luar dengan mandiri. Saya aja tidak menggunakan ilmu TP kerja di TP apalagi menggunakan mungkin tidak di TP.

7 12 2009
artha

tapi kenyataan koq sebagian besar lulusan tp di undiksha dalam melamar di sebuah instansi, setelah diperlihatkan skrip mata kuliahnya dikatakan mata kuliahnya kurang up to date

10 12 2009
undikshatp

atas dasar apa mata kuliah di TP kurang update. Kami mengundang anda untuk datang ke TP Undiksha. Kami sebisanya menjelaskan kedudukan mata kuliah ini. Trim atas komentarnya.

7 01 2010
Pradnya Paramitha

Apakah mata kuliah TP hanya untuk jurusan IPA atau SMK jurusan multimedia ? dan tidak diperkenankan untuk jurusan IPS ?

27 01 2010
DIDIK FIRMANSYAH,S.PD

pak hanya sekedar saran,, dalam akta mengajar TP kalau bisa ditambahi, bukakan mengajar teknologi pendidikan, tetapi teknologi pendidikan IT, atau yang sekiranya berhubungan dengan kopetensi TIK,karna melihat dari sebaran mata kuliah saya yakin TP udah mampu sebagai praktisi komputer, atu guru TIK,trimaksih

15 10 2010
Ridho

Sekedar saran….mata kuliahnya tahun berapa pak???
kok kami semester 7 tidak dapat beberapa mata kuliah yang disampaikan di atas???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: