19 tahun berdebat, sampai kini belum selesai…

10 01 2011

Pesan  bagi mereka yang meneliti pengaruh media dalam pembelajaran dan penelitian pengembangan media

Perdebatan selama 19 tahun dan sampai saat ini belum ada pihak
pihak yang puas tentang pengaruh media pada pembelajaran antara Prof. Clark dan Prof. Kozma.

Adalah Prof. Clark yang di tahun (1983a,1985a,1085b, 1991, 1994) mengeluarkan klaim media tidak pernah berpengaruh pada belajar seperti halnya sebuah truk yang membawa sayuran tidak memberikan nutrisi bagi tubuh kita ” Itulah klaim dari Prof. Clark yang dilontarkan pada tahun 1983.

Artikel ini memicu perdebatan sengit di dunia, khususnya tentang media dan pembelajaran. Clark memperkuat asumsi ini berkali-kali dengan penelitian yang sangat serius.

Di tahun 1993 artikel ini diperdebatkan kembali pada konvensi internasional kongres eropa untuk penelitian pembelajaran dan pengajaran. Artikel Clark yang berjudul ” ketika peneliti berenang ke hulu: argumen refleksi yang tidak disukai tentang belajar dari media” (pp.34-40)

Adalah Prof. Kozma yang menentang artikel ini. Kozma memberikan balasan dengan artikelnya yang berjudul
1. Belajar dengan media (1991)
2. media pembelajaran, akan berpengaruh (1993)

Dan sampai saat ini belum ada artikel yang mendamaikan perdebatan sengit ini.
Pembaca yang menemukan, silakan menginformasikan pada fasilitas ‘komentar’ dibawah.

Apa dampak dari perdebatan ini?

1. Mahasiswa TP khususnya dan mereka yang mengembangan media pada umumnya
   HATI-HATI membuat kesimpulan untuk dijadikan prosposisi bahwa media berpengaruh pada belajar
2. Clark telah mengklaim “media tidak berpengaruh pada belajar dan mempelajaran”
3. Kozma mengatakan bahwa mereka setuju dengan Clark dalam hal bahwa bukti belum cukup untuk    mendukung klaim bahwa media dan atribut-atributnya berpengaruh pada pembelajaran
4. Peneliti belum menemukan hubungan antara atribut media dengan pembelajaran
lalu bagaimana dengan skripsi atau penelitian yang lainnya yang dengan mudah membuat kesimpulan bahwa media berpengaruh pada pembelajaran! reliabelkah datanya? validkah datanya?
Clark dengan tegas sudah meragukan hasil penelitian media yang menyatakan media ada pengaruhnya dengan belajar
Perdebatan kedua profesor tadi bagi pengembang media merupakan cambuk sangat berharga bagi peneliti media dan pembelajaran khususnya Teknologi pendidikan.
Khususnya bagi pengengambangn (R&D) Tessmer mengatakan bahwa penelitian ini hanya sampai pada
tahap efektifitas sebuah produk yang dikembangkan, dan belum sampai pada mencari pengaruh.
kalau terjadi peningkatan skor ketika diuji lewat pre-post test, itu bukan pengaruh!
Bedakan antara:
prestas belajar,
hasil belajar
dan Dampak

Pembaca yang ingin membuktikan data empiris silakan membaca artikel artikel sangat penting untuk  mahasiswa TP

1. Kozma (1991) judul “Learning with Media”
2. Clark (1983) judul “reconsidering research on learning  form media”
3. Kozma  (1994) judul ” will media influence learning: Reframing the debate”
4. Kozma (2000) judul ” reflections on the state of educational technology research and
   development”
5. Clark (1994) judul ” media will never influnce learning”
6. Kozma (1994b) judul ” a replay: media and methode”

Pembaca yang penasaran silakan browsing tentang atikel tersebut, untuk sekedar diketahui
prof. Clark adalah profesor bidang teknologi kognitif dan psikologi, sedangkan Prof. Kozma adalah
professor bidang teknologi instruksional.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: