the 2nd National Conference (Natcom) Entrepreneurship

21 11 2009

Natcom Bali

Denpasar 21/11/2009.

Selama tiga hari, 18 – 20 Nopember 2009, bertempat di Hotel Puri Saron, seminyak Kuta berlangsung konferensi Nasional Enterprenurship yang diselenggarakan oleh universitas Ciputra.

Mengapa iven itu diposting pada blog ini? jawabannya adalah karena jurusan Teknologi Pendidikan melalui dosen yang dikirim hadir untuk mengikuti konferensi ini.

Apa, siapa mengapa pentingnya acara ini dapat dibaca pada link ini.

Dihadiri oleh 18 propinsi mulai dari sumatera utara sampai papua turut hadir dalam kegiatan ini. Banyak manfaat yang diperoleh dalam kegiatan ini, diantaranya :

1. pencerahan akan pentingnya entreneurship dikembangkan untuk mengganti mindset mulai dari TK, SD, SMP, SMA bahkan perguruan tinggi.

2. berbagai strategi model dan teknik impelementasi entrepeneurship dari nara sumber dalam dan luar negeri

3. kegiatan ini juga disertai praktek yang menyenangkan selama berlangsungnya kegiatan

Kegiatan yang setiap harinya dirancang dengan teori dan praktek sangat membuka paradigma dan atmosfir baru akan peluang bagi entreprenur-entrepreneur muda indonesia, terlebih-lebih mahasiswa peguruan tinggi.

bahkan diktipun dalam bath TOT menyatakan bahwa: Menurut Dirjen Dikti, Program kewirausahaan mahasiswa yang dijadikan sebagai program prioritas nasional adalah dalam rangka “mencemplungkan” mahasiswa ke dalam pengalaman nyata berwirausaha. Mereka diajarkan bagaimana merencanakan menjalankan dan mengembangkan usaha. Mahasiswa sudah punya modal dan pengalaman sangat penting sebelum mereka meninggalkan universitas. Bagi usaha yang berkembang dan dikelola dengan baik dan layak didanai oleh Bank, maka dikti akan menfasilitasi dengan pihak bank. Direktur Utama Bank Mandiri, bapak Agus Martowardojo, yang hadir saat vicon ini, bahkan mengatakan ketika program kewirausahaan itu sedang berjalan dan usaha itu berkembang dengan baik, maka bisa disinergikan dengan skim-skim program yang ada di Bank Mandiri.

Menteri BUMN, bapak Sofyan Djalil mengatakan kata kunci bagi kesuksesan meretas kewirausahaan di Indonesia ini adalah dengan mengkader sumber daya manusia Indonesia yang memiliki passion, keuletan, kemauan yang kuat untuk mengembangkan kewirausahaan ini, sehingga terbentuk critical mass atau yang disebut Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof. Dr. Fasli Jalal, Ph.D, sebagai anchor kewirausahaan . Mereka yang tidak hanya pandai mentransformasikan ilmu pengetahuaan tapi juga ”menghayati” bagaimana praktisnya. kewirausahan bagi bapak Menteri adalah ilmu praktis bagaimana mencemplungkan diri secara langsung seperti orang belajar bersepeda dan berenang.

Dikti akan membentuk anchor kewirausahaan di perguruan tinggi ini. Setelah 191 dosen di ‘TOT’kan, tahun ini bekerjasama dengan Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC) sebanyak 1600 dosen perguruan tinggi Indonesia. Dari sekian dosen yang dilatih akan dipantau dan dievaluasi, yang sungguh-sungguh, passion, menunjukkan minat dan kemampuan untuk mengembangkan kewirausahaan, 20 orang diantaranya akan diberangkatkan ke Kauffman Foundation di Kansass City Amerika pada tahun 2010 nanti. Melalui program Global Faculty Program (GFP) yang sudah dirintis oleh UCEC, Selama enam bulan mereka akan mendapatkan pengalaman eksposure langsung bagaimana budaya kewirausahaan di Amerika.

Di Kauffman Foundation, yang terpilih akan “dibenamkan” dalam semesta pembelajaran enterpreneurship dengan para profesor dari MIT, Harvard University dan Standford University. Selama 8 minggu pertama, mereka akan menghabiskan waktu belajar dan melihat secara langsung bagaimana gelora kewirausahan di Kansas City, Boston, dan Sillicon Valley. Mereka akan terlibat dan belajar langsung dari para pelaku usaha kewirausahaan di tiga tempat ini. 12 minggu berikutnya peserta akan fokus pada pengembangan alat-alat dan metode pembelajaran, penciptaan studi kasus dan penyusunan silabus mata kuliah kewirausahaan. Mari berlomba mendorong berkembangnya produktifitas nasional.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: