Bengkel Multimedia

13 09 2008

UNIT KERJA BENGKEL MULTIMEDIA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

I. RASIONALITAS

Teknologi adalah praktek, untuk itu teknologi harus diaplikasikan dengan penerapan yang terarah. Teknologi pendidikan yang berbasis kinerja elektronik memerlukan konvergensi antar kompetensi sehingga Crew Bengkel TP memiliki kompetensi yang mumpuni. Kandungan kurikulum TP yang didesain selama ini dalam takaran konsep disampaikan secara terpisah dan berdiri sendiri. Sebaran yang demikian akan memberikan statisisasi. Matakuliah media pembelajaran, siaran radio pendidikan, database, multimedia, pengelolaan citra, pemograman, jaringan, web desain,fotografi dan slide pembelajaran, video pembelajaran,sinetron pendidikan perlu diracancang untuk saling melengkapi dan mendudung. Matakuliah akan efektif disamping diberikan pemahaman akan konsepnya namun dalam imlementasinya harus mengarah kepada sebuah konvergensi. Mata kuliah yang selama ini disampaikan terpisah dengan waktu yang terbatas kalau belum dianggap cukup, maka sudah seharusnya pendalaman dan pengayaan terhadap matakuliah tersebut disampaikan dan ditingkatkan dalam hal implementasi praktisnya melalui kegiatan HMJ. Kegiatan yang meramu semua matakuliah tersebut dirancang untuk konvergensi antar komptensi sehingga outputnya dapat berupa produk multimedia. Inti kegiatan dari Bengkel Media ini adalah transpormasi dalam batasan mengadaptasi, menggunakan dan meramu serta menyalurkan teknologi-teknologi yang efektif, unik berbeda dan mempunyai ciri khas untuk TP.

Oleh : Oka | Pegiat telematika|LITBANG APWI TELKOM BALI


Aksi

Information




%d blogger menyukai ini: